Pendaftaran Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) TA 2021-2022

Pendaftaran Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) - STSN merupakan Sekolah Tinggi Sandi Negara merupakan sebuah perguruan tinggi dalam jenjang Sarjana yang berada pada naungan Lembaga Sandi Negara. Walaupun masih berdasarkan pada sekolah tinggi namun,  STSN ini didirikan berdasarkan Keppres No.22 Tahun 2003 tentang hal-hal yang menyangkut tentang pendirian Sekolah Tinggi Sandi Negara. Dalam hal ini STSN memiliki tugas dan Fungsi dalam penyelenggaraan pendididikan yang professional dalam bidang persandian yang mengacu pada keputusan Kepala Lembaga Sandi Negara  no OT.101/KEO.80/2003.


Adapu fungsi dan tugas dari penyelenggaran pendidikan jejang perguruan tinggi STSN adalah sebagai berikut ini:
- Pelaksanaan dalam penyelenggaraan terutama pengembangan pendidikan harus secara profesional dalam bidang persandian.
- Memiliki tugas dan fungsi dalam Penelitian IPTEK (ilmu pengetahuan dan Teknologi ) terkhusus dalam bidang Persandian.
- Memiliki tugas dan kewajiban dalam pengabdian terhadap masyarakat.
- Memiliki tanggung jawab dalam pembinaan civitas Akedemika.
- Melaksanakan beberapa kegiatan dalam Pendaftaran STSN dan beberapa layanan Akdemik, Administrasi Umum, Pengelolaan beserta kemahasiswaan.

Sebagai salah satu dari Perguruan tinggi Kedinasan, Sekolah Tinggi Sandi Negara diharapkan menjadi salah satu perguruan tinggi yang dapat menghasilkan beberapa lulusannya dalam pengabdian masyarakat terkhusus dalam bekerja mengisis seluruh jabatan-jabatan negeri dalam bidang persandian. Lulusan STSn dapat bekerja langsung di sebuah Lembaga Sandi Negara karena dibawah langsung oleh Instansi baik sebagai teknisi ataupun pekerjaan lainnya dalam bidang persandian yang akan tersebar di berbagai Instansi Pemerintahan baik itu dari TNI atau Polri. Namun, hal ini tergantung dari pihak yang membutuhkan, karena hal ini adalah Ikatan Dinas, maka Mahasiswa akan langsung ditempatkan di instansitersebut, Adapun Mahasiswa yang ditugaskan untuk belajar dari kalangan  prajurit TNI/Polri langsung dapat bekerja sesuai dengan pembelajarannya dan kembali ke Instansi Polri dan TNI yang membutuhkannya.

Adapun setiap Mahasiswa Persandian Negara ini akan mengikuti disiplin Ilmu yang telah diajarkan seperti ilmu matematika, komputer, elektronika, dan telekomunikasi yang diwajibkan seluruh mahasiswa untuk tinggal di Asrama dan mengikuti pendidikan dengan ketentuan dan kewajiban yang berlaku dalam peraturan dan urusan dinas dalam bidang akedemik maupun non akedemik danlam pengawasar dari bidang pengasuhan yang diselenggarakan secara seimbang. Berlandaskan atas visi, misi dan tujuan penyelangaraaan pendidikan.

Adapun Sekolah Tinggi Sandi Negara ini dilaksanakan secara sistem paket, sepeti sekolah tinggi lainnya dengan sistem paket smester dengan ujian tengah semester dan ujian akhir semester untuk evaluasi penyelenggaraan pendidikan  Biasanya tahun akeedmiknya dimulai dari bulan September untuk  beberapa Hal  yang berkenaan dengan Mahasiswa STSN dibagi menjadi dua yaitu

MAHASISWA STSN Dibagi menjadi dua macam
- Mahasiswa Ikatan Dinas yaitu mahasiswa yang direkrut dari SMA/MA/ MAdrasah aliyah yang sudah memenuhi syarat untuk mengikuti pendidikan  yang langsung diangkat menjadi Calon Pegawai Negri SIpil atau CPNS pada tingkat II.
- Mahasiswa Tugas Belajar yaitu mahasiswa yang diutus dari sebuah Instansi Pemerintahan seperti TNI atau Polri.

Adapun Program STUDI yang akan anda pilih adalah sebagai berikut:
- . Manajemen Persandian.
- Teknik Persandian yang memiliki dua jurusan yaitu Teknik Kripto dan Tekni Rancang Bangun Peralatan Sandi.

Adapun beberpa Fasiltas yang tersedia ketika Menjad Mahasiswa STSN adalah sebagai berikut ini:
Ruang kuliah
ruang rekreasi
Asrama'Lab komputer, bahasa , elektronika , sandi
perpustakaan dan tempat Ibadah, polklikn dan lainnya.

Bagiamana Persyaratan masuk menjadi Mahasiswa Sekolah Tinggi Sandi Negar ini adalah persyaratan menjadi mahasiswa ada dua kategori yang pertama adalah kategori persyaratan umum dan yang kedua persyaratan kategori Khusus.

Syarat Pendaftaran Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) 

Persyaratan Umum
1. Calon Mahasiswa merupakan warga negara Indonesia
2. Memiliki tanggung jawab sebagai Warga Negara untuk bersedia bekerja di bidang Sandi Negara.
3. Memiliki Kelakuakn yang baik dengan landasan dan keterangan melalui Surat SKSCK yang dapat diperoleh di kantor polisi terdekat
4. Lulus Tes AKedmik, Psiko Kebigaran, Wawancara dan Pantukhir
5. Berbadan sehat dan tidak memiliki kecacatan khusus.
6. Belum pernah dikeluarkan dari STSN.

dan untuk persyaratan lainnya adalah persyaratan Khususnya
-  Calon Mahasiswa adalah Lulusan dari SMU dengan jurusan IPA dan memiliki raport  terakhir untuk mata pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris Minimal mendapatkan nilai 7.
- Untuk Mahasiwa Tugas Belajar adalah Pegawai TNI atau Polri unit teknisis UPT instansi pemerintahan.
Untuk Mahasiswa tugas belajar mememilik Ijazah Sandiman  atau Ahli sandi Tingkat II dengan prestasi yang baik dan ketika SMU adalah Jurusan IPA dengan nilai minimal 7 untuk bidang pelajaran matematika dan bahasa Inggris. Dan langsung akan masuk pada tingkat II setelah ujian lolos seleksi. Mau daftar Polri disini Pendaftaran Polri
- Untuk Mahasiswa umum atau sekolah ikatan dinas bisa mendaftarkan langsungg untuk usia minimal 17 tahun dan maksimal 21 tahun per tanggal september pada tahun pendaftaran.
- Untuk Mahasiswa tugas belajar ini umur maksimal 35 tahun dan telah bekerja di Instansi pemerintahan sekurang-kurangnya 2 tahun dan utusan dari atasan atau instansi pemerintahan yang bersangkutan.
Bagiamana tata cara pendaftaran Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) ini?

TATA CARA  Pendaftaran Sekolah Tinggi Sandi Negara STSN

- Hal-Hal yang harus dibawa atau kelengkapan dokument anda
  •  Bawalah beberapa surat penting  dan sakti yaitu Surat Lamaran yang ditulis dengan tangan sendiri.
  •  Fotokopi Ijazah Anda  atau transkrip Nilai UJIAN Nasional dan Raport semester 6 yang telah dilegalisir oleh kepala sekolah
  • Bawalah DOkument Surat Keterangan Berkelakuan Baik atau SKCK yang dapat diperoleh dari POLRI
  •  Bawalah Surat keterangan Kesehatan dari Instansi Pemerintahan atau puskesmas terdekat 
  •  Surat Pernyataan belum menikah dari orang tua wali
  • Bawalah pasfoto berwarna 3 bulan terakhir yang berukuran 3x4 cm sebanyak 3 lembar.
 -Seorang calon mahasiswa harus datang sendiri ketempat pendaftaran STSN dengan membawa Ijzahas Asli dan beberapa persyaratan diatas
- Penentuan Ujian Masuk atau kelulusan Berkas akan diseleksi oleh seluruh Panitia Ujian STSN
- Biaya Pendaftaran Ujian Masuk Penerimaan Mahasiswa Baru STS akan dikenakana biaya sebesar 50  ribu rupiah.

Tahapan-Tahapan   Pendaftaran Sekolah Tinggi Sandi Negara STSN

- Adapun tahapan tahapn seleksi dari STSN adalah sebagai berikut ini:
 Ujian Tahap satu adalah Test Potensi yang meliputi MTK, BHS Inggris, Komputer FIsikan, Elektro, Pengetahuan umum dan TPA
Ujian Tahap Kedua yaitu Psiko Test
Ujian Tahap Ketiga yaitu Test kesehatan dan Test Kebugaran
Ujian Tahap Ke empat Clearence test dan Wawancara
Ujian Tahap terakhir Pantukhir,Penetuan Ujian Saringan masuk dan pada setiap tahapan akan ditentukan dengan cara sistem Gugur.

Itulah beberapa Informasi Tentang  Pendaftaran Sekolah ikatan Dinas yang dapat kami sampaikan semoga hal ini bermanfaat bagi anda yang ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi dengan  beberapa tahapan yang akan anda lalui dalam Pendaftaran Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN)

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pendaftaran Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) TA 2021-2022"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.