Pilih CPNS Atau PPPK?

Cpnskementerian.com - Pelamar hanya dapat memilih dan mendaftar salah satu pilihan  Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) saja. Tidak dapat mengikuti dua pilihan sekaligus karena memang pemerintah membutuhkan tenaga baru dengan total formasi ASN pada  PPPK dan CPNS sebanyak 254.173 ribu.

Pilih CPNS Atau PPPK?
Pilih CPNS Atau PPPK?


PPPK ini dikhususkan bagi tenaga honorer  dengan jabatan tenaga kesehatan, tenaga guru, dosen dan tenaga kependidikan beserta penyuluh pertanian. Hal ini sama seperti perekrutan CPNS yang notabene pada awal tahun 2019 yang lalu PPPK tahap satu telah direkrut ebanyak 51.293 orang.


Pelaksanaan CPNSpun akan dijadwalkan pada bulan Oktober yang akan datang, dan calon peserta dihimbau untuk memilih salah satu anatara CPNS atau PPPK tahap 2. Dan untuk tenaga honorer yang telah melampaui batas usia 35 tahun dapat memilih PPPK pada tahap dua yang rencanakan akan dilaksanakan sebelum pelaksanaan CPNS.

Adapun pelaksanaan CPNS akan dilakukan di sejumlah instansi pusat maupun daerah dengan lokasi ujian yang berada di seluruh Indonesia sebanyak 108 titik. Dalam hal ini pemerintah akan lebih konsentrasi pada kursi yang banyak pada tenaga kesehatan karena di berbagai daerah terutama masih kekurangan dokter dan tenaga perawat yang berstatus PNS. Saat ini masih sekitar 75% dan kekurangan di bidang pekerjaan tersebut masih banyak diperlukan.

Pemerintah pada seleksi PPPK akan memfokuskan pada tenaga profesional terebut dan belum membuka lowongan bagi tenaga admistratid dan kemudai tenaga profesional tersebut akan ditempatkan pada kementerian  ataupun lembaga.

Nah, untuk formasi tahun ini pemerintah akan merekrut sebanyak 75 ribu pegawai kontrak kerja pemerintah  (PPPK) sedangkan untuk calon pegawai negeri sipil pada bulan oktober mendatang akan direkrut sebanyak 100 ribu CPNS.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pilih CPNS Atau PPPK?"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.