Pendaftaran Taruna Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG) Online TA 2021-2022

Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG) adalah Salah satu peguruan ikatan dinas atau kedinasan yang diselenggarakan oleh BMKG sehingga mencetak lulusan yang handal dan berkompetensi dibidangnya dan kali ini  AMG mengajak pada para lulusan SMA sedrajat untuk mengikuti ujian masuk dan pembukaan pendaftaran pendidikan untuk seluruh calon akedemisi yang akan dijadikan ahli dibidang  meteorologi, klimatologi, geofisika atau instrumentasi.

Pendaftaran Taruna Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG)

Penerimaan AMG atau Akedemi Meteorologi dan Geofisikan membuka pendaftaran Masuk Taruna Akedemik  untuk mengikuti jenjang pendidikannya dengan beberapa program jurusan yang telah ditentukan oleh AMG seperti berikut ini:

A. PROGRAM / JURUSAN

1. Program Diploma III, setara dengan tingkat ahli madya, dengan gelar Ahli Madya (A.Md)
  • Jurusan Klimatologi 
  • Jurusan Geofisika 
  • Jurusan Instrumentasi
  • Jurusan Meteorologi
2. Program Diploma IV, setara dengan tingkat sarjana, dengan gelar Sarjana Sains Terapan (S.S.T)

  • Merupakan program lanjutan yang diperuntukkan bagi mereka yang telah menyelesaikan program Diploma III dengan indeks prestasi yang dipersyaratkan. 
B. PERSYARATAN CALON TARUNA
-
Bagi calon yang mendaftarkan diri adalah orang WNI asli yang masih sehat baik sehat fisik maupun non fisik atau rohani dan tidak menggunakan kaca mata dan tidak buta warna.
- Saat pendaftaran Usia Maksimal tidak lebih dari 23 tahun dan untuk kriteria usia minimal tidak kurang dari usia 17 tahun.
-  Pendaftara tidak akan menikah selama pendidikan berlangsung dan belum menikah disaat mendaftar
- Bebas dari Narkoba "say no to Drug"
- Calon pendaftar adalah orang -orang yang memiliki ijazah SMA sedrajat, jika mereka dari SMK sudah memiliki keahlian diantaranya adala Dari jurusan Teknik Elektronik Industri , teknik mekatronika, teknik jaringan dan sebagainya
- untuk Lulusan SMK dari Kompetensi  Teknik Transmisi dan Telekomuniaksi hanya dapat mendfatrakn diri pada jurusan Instrumentasi dan jika mendaftar dijurusan lainnya maka tidak akan diterima.
-  Untuk tiga mata pelajaran seperti Fisika, MTK, BHS Iggris untuk kelas 11 dan kelas 12 rata0-rata memiliki nilai 7
- Untuk kriteria tinggi badan minimal laki-laki 163 cm dan untuk prempuan 156 cm dan berat badan seimbang atau proposional.
- tidak sedang memiliki ikatan dinas
-  Bersedia ditempatkan didaerah terpencil ketika dinyatakan lulus sebaga taruna.
- Syarat Seorang calon Taruna Akedemi AMG
 Memenuhi semua persyaratan diatas dan lulus Ujian Test TKD, TKA, Kesehatan dan Wawancara.
  \
C. TATACARA PENDAFTARAN

Pendaftaran akan dibuka pada bulan Maret yang dilakukan secara online untuk tepatnya belum dapat dipastikan samai dengan bulan april dengan langkah-langkah pendaftaran online sebagai berikut ini:

  1. Pendaftaran dilaksanan melalui website resmi dari  AMG-2016 pada situs  http://ptb.amg.ac.id
  2. Pendaftaran akan dilaksanakan  pada bulan Maret 2016 sampai dengan bulan April 2016.
  3.  Bagi yang tidak memenuhi syarat pendaftaran, maka calon yang sudah membayar uang pendaftaran tidak dapat diambil kembali.
  4.  sebelum anda Mendaftarkan Online aka terlebih dahulu untuk membuat email gmail dan anda pastikan anda mempunyai file foto bergambar dengan ukuran maksimum 500 KB.
  5.  Bagi anda yang sudah mempunyai email silahkan anda mendaftrkan diri secara online diwebsite diatas untuk mengisi formulir data pendaftaran  setelah itu anda akan mendapatkan email balasan untuk aktivasi link pendaftaran anda.
  6.  Setelah itu anda dapat mendownload bukti validasi dari web resmi AMG dan Nomer pembayaran dan kode pembayaran terdapat pada Bukti validasi dengan pembayaran melalui Bank BNI
  7.  Biaya pendaftaran  sebesar  75 ribu rupiah dengan fee administrasi sebesar 5 ribu dengan menggunakan nomer pembayaran yang telah ditetapkan di Validasi Web
  8. Setelah anda membayar, maka laangkah selanjutnya adalah mendapatkan bukti pembayaran dan setoran dari teller dan tercatatn sebuah No PIN  pada struk pembayaran tadi
  9.  Nomer PIN digunakan untuk membuka website Pendaftaran AMG yang digunakan untuk Cetak Kartu Tanda Peserta Ujian dengan memasukkan No pembayaran dan No PIN.
  10.  Setelah itu anda Donwload Kartu Tanda Peserta setelah anda membayar kalau tidak anda harus mengisi formulir dan mendaftarkan lagi karena akan hangus uang pendaftaran anda
  11.  Setelah anda download Kartu Tanda Peserta AMG sebaiknya anda langsung simpan dan Cetak yang digunakan ketika ujian Tahap Tes TKD (test kemampuan Das dan disaaw Pendaftaran Ulang.
D. JENIS TAHAPAN TEST SELEKSI DAN WAKTU UJIAN
  • Test dibagi dalam tiga tahap : 
  1. Tahap I : Test Kemampuan Dasar (TKD)
  2. Tahap II : Test Kemampuan Akademik (TKA)
  3. Tahap III : Test Kesehatan dan Wawancara
  • Test Kemampuan Dasar (TKD) dilaksanakan di Kantor Regional Badan Kepegawaian Negara dengan sistim CAT (Computerized Assisted Test ). Calon diberikan kesempatan untuk memilih lokasi TKD di salah satu dari 12 (dua belas ) Kantor Regional BKN (http://www.bkn.go.id). Calon dapat memilih lokasi Test Kemampuan Dasar (TKD) pada waktu melakukan pendaftaran secara online. Kedua belas kota tersebut adalah : 
  1. Jogjakarta 
  2. Surabaya 
  3. Bandung 
  4. Makasar 
  5. Jakarta 
  6. Medan 
  7. Palembang 
  8. Banjarmasin 
  9. Jayapura 
  10. Denpasar 
  11. Manado 
  12. Pekanbaru 
  • Test Kemampuan Dasar (TKD) diselenggarakan satu kali untuk seorang calon sesuai jadwal yang ditentukan. Apabila calon tidak hadir pada tempat dan waktu yang ditentukan sesuai jadwal, maka calon yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri. Jadwal detil lokasi dan waktu Test 

  • Test Kemampuan Akademik (TKA) terdiri atas Test Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris. Test Kemampuan Akademik hanya dapat diikuti oleh calon yang memenuhi nilai ambang batas TKD, sesuai Peraturan Menteri PAN-RB No. 35 Tahun 2013 (http://www.menpan.go.id). Calon diberikan kesempatan untuk memilih lokasi Test Kemampuan Akademik (TKA) di salah satu dari 19 (sembilan belas) Kantor Unit Pelaksanan Teknis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (UPT-BMKG, http://www.bmkg.go.id). Calon dapat memilih lokasi Test Kemampuan Akademik (TKA) pada waktu melakukan pendaftaran secara online. Kesembilan belas lokasi UPT-BMKG tersebut adalah:
  1. Stasiun Meteorologi Aceh
  2. Balai Besar MKG Wilayah I Medan 
  3. Stasiun Meteorologi Pekanbaru
  4. Stasiun Meteorologi Palembang 
  5. Akademi Meteorologi dan Geofisika, AMG, Tangerang 
  6. Stasiun Klimatologi Semarang 
  7. Stasiun Geofisika Jogjakarta 
  8. Stasiun Meteorologi Surabaya
  9. Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar 
  10. Stasiun Geofisika Kupang 
  11. Stasiun Meteorologi Pontianak
  12. Stasiun Meteorologi Banjarmasin 
  13. Stasiun Meteorologi Samarinda 
  14. Stasiun Meteorologi Palu
  15. Stasiun Geofisika Manado
  16. Balai Besar MKG Wilayah IV Makasar 
  17. Stasiun Geofisika Ambon
  18. Stasiun Meteorologi Sorong
  19. Balai Besar MKG Wilayah V Jayapura

E. LAIN – LAIN
  1. Tidak diadakan surat menyurat antara calon taruna dengan PanitiaAMG
  2. Informasi pendaftaran, pengumuman kelulusan tiap tahap test, atau pengumuman lain berkaitan dengan proses penerimaan taruna baru dapat diakses melalui website AMG (http://ptb.amg.ac.id
  3. Biaya pendaftaran yang sudah disetorkan tidak dapat ditarik kembali untuk alasan apapun. 
  4. Keputusan Panitia AMG  pada setiap tahapan bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.  

Demikianlah informasi Pendaftaran Taruna Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG) Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pendaftaran Taruna Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG) Online TA 2021-2022"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.